Penemu Mesin Ketik - Christopher Sholes

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang penemu mesin ketik yaitu Christopher Sholes. Mesin ketik di temukan oleh Sholes pada tahun 1868. Sholes merupakan pria kebangsaan Amerika yang lahir pada 14 Februari 1819 di Mooresburg. Sholes menemukan mesin ketik dan Qwerty yang masih di gunakan hingga sekarang. Sebelum mengulas tentang mesin ketik, kita akan membahas tentang perjalanan hidup Sholes. Sholes sempat pindah ke Danville, saat remaja ia bekerja sebagai pekerja magang ke printer lalu pindah ke Milwaukee, Wisconsin pada tahun 1837. Ia sempat bekerja di sebuah surat kabar penerbit dan berperan dalam melakukan gerakan untuk menghapus hukuman mati di Wisconsin.


Sejarah Penemuan Mesin Ketik
Pada awalnya mesin ketik di ciptakan pada tahun 1714 oleh Henry Mill, dalam berbagai bentuk. Meskipun begitu, Sholes lah orang pertama yang menemukan dan berhasil secara komersial. Awalnya Sholes memiliki tujuan untuk menciptakan sebuah mesin ketik untuk halaman buku, tiket dan sebagainya. Untuk mewujudkan mimpinya tersebut, ia mulai bekerja pada sebuah toko mesin Kleinsteubers yang terletak di Milwaukee.

 Penemu Mesin Ketik - Christopher Sholes

Sholes dan seorang temannya yang bernama Samuel W. Soule telah mematenkan mesin penomoran pada 13 November 1866. Mereka menunjukkan mesin tersebut kepada seorang pengacara sekaligus penemu amatir pada toko mesin dan mempertanyakan tentang kemungkinan mesin tersebut di buat untuk dapat menghasilkan huruf atau kata.

Pertanyaan tersebut telah membuat Sholes dan Soule menjadi terinspirasi untuk dapat mewujudkannya, pada tahun 1867 Sholes telah menemukan sebuah catatatn pendek di Scientific American yang menggambarkan Pterotype, yaitu sebuah mesin tik prototype yang diciptakan oleh John Pratt. Berdasarkan catatan tersebut, Sholes telah memutuskan bahwa pterotype tersebut terlalu kompleks serta dapat di gunakan untuk membuat mesin sendiri dengan mana yang diperoleh dari artikel mesin tik.

Dalam proyek pembuatan mesin ketik, Soule dan Glidden bergabung dengan Sholes dan mereka menyediakan dana untuk projek tersebut. Mesin ketik Sholes, Soule dan Glidden di patenkan pada 23 Juni 1886. Mesin ketik tersebut telah menulis ratusan surat yang di tujukan ke berbagai pihak, salah satunya dalah James Densmore yang berasal dari Meadville, Pennsylvania.

Densmore telah meramalkan apabila mesin ketik tersebut akan sanagt menguntungkan dan memberikan penawaran untuk membeli saham paten mesin ketik tersebut. Penawaran tersebut di terima oleh ketiganya, mereka sepakat untuk menjual seperempat dari paten dengan imbalan harus membayar semua biaya yang dikeluarkan selama ini. Densmore memeriksa mesin tik pada tahun 1867 mendesak untuk melakukan perbaikan pada mesin ketik tersebut. Hal tersebut membuat Soule dan Glidden meninggalkan projek tersebut dan juga meninggalkan Sholes serta Densmore dalam kepemilikan tunggal paten mesin ketik.

Sholes dan Densmore menyadari bila stenograf menjadi bagian terpenting dari mesin ketik, maka perlu menentukan posisi yang sesuai, sehingga mereka mengirim versi eksperimental kepada beberapa stenograf. Baca juga mengenai MANTRA ILMU PELET. Yang di utamakan adalah James O. Clephane dari kota Washington DC.

James adalah satu-satunya orang yang telah mencobanya, karena tidak ada orang lain yang mau mencoba mesin tik mereka. Setelah di coba, Sholes membuat mesin tik yang dapat menungguli mesin tik yang sebelumnya. Sholes disebut sebagai penemu dari keyboard QWERTY dan mengatur tata letak mesin ketik keyboard yang di kenal dengan sebutan QWERTY, karena memiliki enam kunci pertama memesan pada baris ke tiga.

Semenjak penemuan QWERTY yang menjadi lebih modern dengan layout bahasa Inggris komputer. Pada tahun 1872, modelnya telah di sempurnakan sehingga Sholes menjual hak cipta untuk sebuah Perusahaan Senjata Remington, sebesar $ 12.000 dan mesin yang pertama kali di pasarkan sebagai Sholes & writer ketik Glidden. Pada tahun 1873 telah terjual sebanyak 5.000 mesin, Sholes terus bekerja untuk memajukan perangkat.

Pada tahun 1878, Sholes telah berhasil menciptakan tombol shift sehinga huruf atas dan bawah dapat digunakan. Sholes meninggal pada 17 Februari 1890 dan di makamkan di Pemakaman Rumah Hutan yang terletak di Milwaukee. Demikian ulasan tentang penemu mesin ketik yaitu Christopher Sholes, semoga dapat menginspirasi kita untuk dapat menemukan sesuatu baru yang dapat berguna untuk orang lain.
Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.