Penemu Helikopter - Igor Sikorsky

Helikopter merupakan salah satu jenis dari alat transportasi selain pesawat terbang biasa. ia merupakan jenis pesawat udara dengan sayap berputar dimana rotor penggeraknya digerakkan oleh mesin. Mengenai asal kata helikopter, kata helikopter ini berasal dari bahasa Yunani helix yang berarti spiral dan pteron yang berarti sayap. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang sejarah penemuan helikopter dan juga profil dari Penemu Helikopter yaitu Igor Sikorsky. Igor Sikorsky lahir di Rusia pada 25 Mei 1889. Ia adalah penemu helikopter pertama yang sukses. Igor dianggap sebagai �Bapak Helikopter� karena telah sukses membuat helikopter dengan desain karyanya sendiri. Pada tahun 1910, ia merupakan satu-satunya desainer yang bekerja di penerbangan helikopter terbesar.


Pada tahun 1912, Igor bekerja sebagai chief engineer pada perusahaan Baltic Railroad Car Rusia di Saint Patersburgh. Pada tahun 1923, Igor mendirikan Manufacturing Company Sikorsky di Roosevelt, New York. Ia di bantu oleh beberapa mantan anggota militer Rusia, ia mendapatkan dana dari Sergei Rachmaninoff sebesar US$ 5.000. dengan tambahan dana akhirnya ia dapat membuat S-29, sebuah pesawat yang memiliki mesin ganda pertama yang dapat menampung penumpang sebanyak 14 orang dengan kecepatan 115 mph dan perupakan satu-satunya pesawat bermesin ganda di Amerika Serikat.

Penemu, Helikopter, Igor Sikorsky

Kinerja pesawat terbang buatannya ini lebih lambat bila dibandingkan dengan pesawat militer pada tahun 1918, hal tersebut membuat para investor tidak mau mendanai Igor lagi. Pada tahun 1929, Manufacturing Company Sikorsky berubah menjadi United Aircraft Corporation dan mulai mengembangkan Pan American Airways. Pada tahun 1929, ia mengajukan permohonan hak paten untuk penemuannya pesawat amfibi yang menggunakan udara untuk daya angkat baling-naling dan dua baling-baling kecil sebagai pendorong.

Pada tahun 1931, ia mengajukan hak paten atas karyanya yang lain dan di berikan hak paten pada tahun 1935. Pada tahun 1940, Igor telah berhasil membuat helikopter VS-300 dengan penerbangan bebas yang dilakukan pada 24 Mei 1940, yang mempelopori konfugurasi rotor yang banyak digunakan pada helicopter sekarang. keberhasilan Igor tersebut telah merubah desain R-4 , yang selanjutnya menjadi helikopter pertama di dunia yang diproduksi secara besar-besaran pada tahun 1942. Helikopter tersebut telah menjadi model helikopter modern untuk jenis single rotor.

Ia juga telah membuat rancangan dan membangun helikopter untuk militer yang pertama, XR-4, yang akan ia kirim untuk Kolonel Franklin Gregory dari Angkatan Darat Amerika Serikat. Baca juga mengenai BACAAN ILMU PELET WANITA, Helikopter ciptaan Igor telah dilengkapi dengan kontrol penerbangan yang dioperasikan dengan maju, mundur, atas, bawah dan samping.

Pada tahun 1958, Perusahaan pesawat rotor mengadakan kerjasama dengan Igor. Perusahaan tersebut meminta supaya Igor membuat helikopter yang memiliki lambung perahu, dapat lepas landas dan mendarat di air serta dapat mengapung di atas air. Perusahaan tersebut menginginkan Igor membuat helikopter yang sangat unik dan belum ada di dunia. Igor sempat menjabat sebagai Dewan Direksi Yayasan Tolstoy Center di New York.

Igor menikah dengan Olga Fyodorovna di Rusia, namun mereka bercerai. Igor kembali menikah dengan Elisabeth pada tahun 1924 di New York dan dianugerahi 4 anak. Igor meninggal di Easton, Connecticut, pada 26 Oktober 1972 dan dimakamkan di Saint John the Baptis Yunani, sebuah pemakaman Katolik yang terletak di Stratford. Demikian penjelasan tentang sejarah dari helikopter dan juga profil dari penemu helikopter yaitu Igor Sikorsky. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat.
Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.