Penemu Lensa - Anthony Van Leuwenhook

Pada kesempatan kali ini yang akan kita membahas mengenai sejarah perkembangan lensa dan juga penemu lensa yaitu Anthony Van Leuwenhook. Anthony Van Leuwenhook adalah penemu serta pedagang berkebangsaan Belanda, ia lahir di Delft, Belanda , pada 24 Oktober 1632. Anthony disebut sebagai � Bapak Mikrobiologi� karena menjadi orang pertama yang menekuni ilmu mikrobiologi. Anthony dibesarkan di Delft, kota kelahirannya. Sejak muda ia sudah bekerja sebagai pedagang kain, tahun 1654 ia sudah memiliki toko sendiri.


Ayah Anthony bernama Philips Anthonys Van Leewenhook bekerja sebagai pembuat keranjang. Anthony menggosokkan lensa yang memiliki ukuran kecil, sehingga ia mampu menghasilkan mikroskop yang memiliki daya kekuatan pengamatan yang lebih baik di banding dengan mikroskop yang telah ada sebelumnya. Mikroskop temuannya dilengkapi dengan lensa yang memiliki kapasitas membesarkan hingga 270 kali.

Penemu Lensa - Anthony Van Leuwenhook

Penemuan tersebut menandakan bila ia berhasil menemukan mikroskop yang lebih sempurna. Anthony telah berhasil membuat lebih dari 500 lensa optik dan menciptakan lebih dari 25 mikroskop dengan jenis yang berbeda-beda, namun yang mampu bertahan hanya Sembilan jenis saja. Mikroskop buatan Anthony terbuat dari frame perak atau tembaga dengan menggunakan lensa buatan tangan. Ia mampu mampu membuat pembesaran hingga mencapai 275 kali. Kemungkinan Anthony memiliki mikroskop yang mampu memperbesar hingga 500 kali.

Selain itu Anthony juga telah menemukan perak dan perunggu yang dapat digunakan untuk mengapit lensa. Hal tersebut membuat lensa dapat memperbesar hingga 275 kali, hal ini yang memperkuat dugaan bila Anthony telah menemukan mikroskop dengan pembesaran hingga 500 kali. Baca juga mengenai BELAJAR ILMU PELET PALING AMPUH, Anthony memiliki kesabaran yang sangat tinggi dan tekun melakukan penelitian, selain itu ia memiliki penglihatan yang sangat tajam serta selalu ingin tahu segala hal.

Dengan menggunakan lensa yang memiliki ukuran sangat kecil, ia mampu meneliti berbagai macam benda mulai dari rambut, serat, titik hujan, serat hingga serangga yang sangat kecil. Sejak tahun 1673, Anthony bekerjasama dengan The Royal Society of England, ini merupakan suatu lembaga ilmu pengetahuan terkemuka pada saat itu. Ia menjadi anggota pada lembaga tersebut pada tahun 1680. Banyak penemuan yang telah ia lakukan diantaranya menjabarkan darah merah dan darah putih, meneliti kuman, cairan sperma, biji kopi dan lain sebagainya.

Anthony sempat menikah sebanyak dua kali, pertama ia menikah dengan Barbara de Mey dan dikaruniai satu orang anak perempuan. Barbara meninggal pada tahun 1666, pada tahun 1671 Anthony kembali menikah dengan Cornelia Swalmius dan dikaruniai lima anak. Pada usia senja, ia menulis 560 surat yang ditujukan bagi masyarakat dan lembaga ilmiah tentang semua pengamatan yang dilakukannya dan penemuannya, hingga saat ia sakit, ia tetap mengirim surat tentang pengamatannya ke London. Surat terakhir Anthony berisi tentang dekripsi yang tepat dari penyakit yang menyerangnya. Ia menderita penyakit yang langka, gerakan dari dalam perut yang tidak dapat dikendalikan, penyakit tersebut kini bernama Van Leeuwenhoek.

Anthony meninggal pada 26 Agustus 1723, di usia 90 tahun dan dimakamkan di Oude Kerk, Delft, Belanda.
Demikian ulasan tentang penemu lensa yaitu Anthony Van Leeuwenhoek. Semoga dapat bermanfaat.
Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.